Kamis, 05 Agustus 2010

Konfirmasi dari Fren Mengenai Memory ZTE CD981Z

Setelah cukup lama menunggu menunggu konfirmasi dari SmartFren mengenai memory hp ZTE CD981Z atau dijual dengan nama HP FREN Browzer akhirnya saya dapat jawaban mengenai komplain saya tentang memory HP ini.

Sekedar kilas balik sebentar, saat pertama beli HP ini dan baca spesifikasinya disebutkan disitu kalau memory HP ini adalah 256MB+64MB tetapi saat saya cek ternyata HP ini cuma punya memory gak lebih dari 10MB.

Dan coba tebak apa jawaban dari Fren mengenai ini :

Dear Rud,

Gw masih nunggu konfirmasi dari ZTE, dia akan jawab segera

Namun,

Sepertinya memang ada salah persepsi, standart memori HP tidak sama dengan computer.

Biasanya memori HP selalu menggunakan standart bit, jika ada penulisan 256MB, maka team handset membaca 256 Mega bit atau 32 Megabyte.

Jarang sekali vendor/distributor Handset mengeluarkan spec memori, karena ini bersifat internal. Jikapun dikeluarkan tidak menjadi masalah.

Biasanya handset mempunyai 2 Memori (ROM/flash) dan RAM.

Untuk type 990 ini, defaultnya adalah 128 MB ROM + 64 MB RAM, kemudian request Smartfren adalah 256+64.

Dari Total 256+64 itu terpakai sekitar 270 MB (megabit) atau sekitar 33 Megabyte

Sehingga total sisa memori adalah 50 Megabit atau sekitar 6,5 Megabyte.

Memory

Combo Flash

256MB bit Nor Flash + 64MB bit SDRAM

Removable memory card (SD, Mini-SD, Micro-SD or T -Flash)

Support T-Flash memory card ( T-Flash memory card not included in sales box)

Maximum Capacity of memory card (GB)

4GB

Jadi jelas ini adalah murni kesalahan (atau kesalahan yang disengaja) dalam hal penulisan MB (huruf besar) yang berarti Byte atau Mb (huruf kecil) yang berarti bit. Berapa banyak pelanggan yang telah terlanjur beli HP ini tapi tidak terlalu peduli dengan hal ini, tidak seperti saya yang peduli. Kalau memang yang dimaksud oleh Fren adalah Megabit kenapa ditulis sebagai MB yang berarti MegaByte.

Sebetulnya saya masih merasa kurang puas tetapi mau gimana lagi, untuk mengembalikan HP ini dan uang kembali Fren tidak mau terima.

4 komentar:

  1. Mas "Blognya Para Kampret" sy jg udah kepalang beli ni HP. Nyesel jg sih tp ywdh lah tanggung lg blm punya duit bwt ganti. Kalo memory sih sy ga trlalu masalahin. Tp, fitur internetnya itu loh yg bikin genegk

    Mas "Blognya Para Kampret" tolong donk ksh tau gimana yah supaya bs internetan GSM ato kartu perdana CDMA yg baru, ada software khususnya ga???
    Trus sy beli kartu perdana FrenDuo coba2 mau gnti yg bawaannya, tiba2 malah ga bs internetan lgs ga ada pengaturan akunnya(kosong) tp pas dibalikin lagi ke kartu bawaan dr bundlingan malah bs lg ada tuh muncul lg akunnya di "Manajemen Koneksi".
    Nah, trus kalo yg kata mas bilang meski di Flash Frimwarenya itu kira2 brp yah kena biayanya???

    Mksh banyak mas mohon solusinya yah ditunggu!

    BalasHapus
  2. Hmm aku pake hp ini malah gak pake kartu bawaannya, kartunya langsung aku ganti pake kartu lamaku dan gak ada masalah kok, kayaknya ada yang salah tu sama hape ente, kalo internetan gak bakal bisa pake gsm karena memang gak ada optionnya, kecuali mungkin di flash firmwarenya .. nah ini yang belum ketemu caranya, nanti kalo dah ketemu aku sharing deh ..

    BalasHapus
  3. mas "blognya para kampret" saya di kasih hape smartfren dengan kartu fren duo. Mau ganti hape bawaan fren punya, saya putuskan untuk membeli yg seperti mas "BPK" punya.

    Tadinya saya seneng banget memori hp ZTE CD981Z "browser" 256 MB tapi kok jadi malah 6,5 MB yah.. dikasih 2 lagu juga lsg abis donk... ada saran untuk hape Fren yang lain ?

    Thanks yach

    BalasHapus
  4. Memang hp ini memory internalnya kecil tapi kan ada slot untuk external memory .. nah bisa pake micro SD .. aku dah coba pake yang 1GB gak ada masalah tu .. tapi untuk ngakalin biar batere gak boros gsm nya aku matikan jadi cdma only .. baru deh hape ini bisa tahan 3 harian ..

    BalasHapus