Selasa, 20 Juli 2010

Review HP Fren Browzer ZTE CD981z

PT Mobile-8 Telecom yang lebih terkenal dengan produknya yang bernama Fren, Hepi, Mobi dan sekarang sudah menjadi SmartFren mengeluarkan HP Dual Mode yang di bundling dengan nomer Fren. Dua nomer yang dua duanya ON, satu CDMA yang sudah di Lock ke jaringan FRen dan satunya lagi GSM yang bisa di pakai untuk no GSM mana saja yang bekerja di frekuensi GSM900/950 dan DCS1800.














Tampilan luar

Kesan pertama melihat HP ini adalah ini HP yang cantik, apalagi HP Fren yang sebenarnya bermerk ZTE type CD981z ini dikeluarkan dalam dua pilihan warna, hitam yang elegan dengan kesan glossy dan putih glossy yang cantik dengan lis samping warna biru, cantik sekali, terus terang saya suka sekali dengan yang warna putih, kelihatan mulus dan menggemaskan.

Layar

Layar yang dimiliki HP ini tergolong besar dengan resolusi 320x240 rasanya puas sekali untuk browsing, baca sms, saya sudah bandingkan dengan hp qwerty buatan cina lainnya seperti HT layar HP Browzer ini lebih besar dari HP Cina lainnya, dengan tingkat brightness yang bisa diatur rasanya layar yang dimiliki oleh HP browzer ini cukup lumayan. Tapi sayangnya untuk pilihan wallpaper dan background tidak ada pilihan themes yang bisa diganti ganti, hanya walpaper saja yang bisa diganti tapi bacground menu dan sebagainya tidak berubah gambarnya, tetap saja gambar tirai warna merah, padahal akan lebih baik lagi kalau background bisa diganti dengan themes yang lain. Makanya kalau anda termasuk yang suka merubah tampilan HP anda saya jamin anda akan merasa cepat bosan dengan HP ini.

Kamera

Jangan berharap kamera dengan kualitas sekelas cybershot untuk HP ini karena dijamin anda akan kecewa, kamera 1,3MP tapi saya tidak tahu sensor apa yang digunakannya apakah CMOS atau CCD tapi yang jelas gak mungkin pakai CCD ya karena kamera HP ini seperti kena Rabun Ayam, kalau kurang cahaya sedikit saja hasilnya langsung hitam putih, apalagi dengan tidak adanya fasilitas flash light hasil foto di tempat yang kurang cahaya seperti filem jadul, hitam putih, tapi kalau digunakan di siang hari dengan pencahayaan yang cukup hasilnya bisa dikatakan cukup memuaskan.

Keyboard

Harus diakui keyboard QWERTY yang digunakan HP browzer ini nyaman digunakan dengan respons yang cepat dan ada jarak antar tombol jadi terasa nyaman untuk digunakan mengetik sms atau apa saja, karena saya termasuk pengguna baru HP dengan keyboard QWERTY terasa agak kaku saat menggunakan HP ini untuk mengetik sms tapi saya sekarang mengerti kenapa para pengguna HP dengan keyboard QWERTY selalu menggunakan dua tangan untuk mengetik karena memang lebih nyaman menggunakan dua tangan.

Radio

HP Browzer ini dipersenjatai dengan radio, suatu kelengakapan yang bisa dikatakan biasa untuk HP Cina, dengan menggunakan kabel handsfree sebagai antena radio terasa kurang sensitif terutama bila digunakan dalam ruangan, kabel handsfree harus di ulur sepanjang mungkin dan diletakkan di tempat yang tinggi agar tidak ada suara gemerisik. Kelengkapan yang bagus tapi sayang kurang maksimal.

Bluetooth

Transfer data antara HP yang menggunakan bluetooth terasa cukup nyaman, respon cukup cepat, tapi sepertinya bluetoothnya belum bisa digunakan untuk perangkat handsfree bluetooth alias belum support A2DP, kemudian saya juga belum coba mengkoneksikan HP ini ke komputer menggunakan fasilitas bluetooth, jadi belum bisa komentar apakah bisa atau tidak.

Email

Salah satu fitur tambahannya lagi adalah Email, tetapi sepertinya HP ini belum support SSL connection karena saya sudah coba setting menggunakan Gmail dan Yahoomail selalu gagal.

MMS

Memang tertulis di specifikasinya hp ini support MMS, tapi saya sudah coba sendiri dan hp ini tidak mampu menerima MMS dan saya belum menemukan pilihan untuk mengirim pesan MMS, saya tidak tahu apakah memang HP ini support MMS atau tidak karena saya belum berhasil membuat HP ini bisa menerima MMS dan mengirim MMS, mungkin nanti kalau berhasil akan saya tambahkan di review saya.

Java support

HP ini sudah support java tapi sulit sekali mencari aplikasi java yang bisa digunakan di HP ini dan memang layanan yang disediakan FREN tidak lengkap, saya juga menggunakan HP Sony ericson K800i dengan harga second yang jauh dibawah harga HP Browzer ini tetapi saat browsing dengan HP Soner K800i layanan Wap dari operator telekomunikasi yang saya gunakan langsung memberi banyak pilihan untuk donload software java yang support HP soner k800i saya, tapi saat browsing dengan HP Browzer rasanya tidak disediakan software pendukung untuk HP Browzer ini, saya coba menginstall program Mobiqus (program push email gratis) ternyata tidak bisa, hanya ada satu game yang berhasil saya tambah di HP browzer ini yaitu game bourne (game dari www.getjar.com yang disediakan gratis untuk HP Soner K800i), selain itu saya tidak menemukan lagi game lain yang berhasil di HP Browzer ini. Sepertinya Fren harus lebih serius lagi dalam melayani pelanggannya.

Koneksi Internet

Koneksi internet menggunakan HP Browzer ini hanya bisa menggunakan layanan data dari Fren, tidak bisa menggunakan kartu GSMnya, jadi saat sedang ada gangguan koneksi internet dari Fren kita tidak bisa menggunakan GSM untuk koneksi internet. Yang lebih mengesalkannya lagi software untuk dial up menggunakan HP Browzer ini sebagai modem tidak bisa digunakan dan bukan cuma saya yang menemui masalah ini tapi ada beberapa pengguna lain. Meskipun akhirnya saya sudah bisa menemukan caranya menggunakan HP ini sebagai Modem tapi tetap saja hal ini cukup mengganggu, kalau memang softwarenya tidak bisa digunakan untuk menjadikan HP Browzer ini sebagai modem ya sebaiknya pelanggan diinformasikan lebih jauh. Kemudian saat browsing menggunakan shortcut google yang tersedia di menu HP Browzer ini seringkali eror sepertinya hp ini memang tidak mampu menampilkan layar full html, bahkan software opera yang disediakan di HP ini juga sangat lambat dan seringkali setelah menunggu cukup lama keluar pesan eror dari opera. Tapi harus saya akui saat menggunakan HP Browzer ini sebagai modem koneksi internet cukup kencang dan loading page cepat karena koneksi dari komputer ke HP sekitar 230Kbps dan koneksi dari HP ke jaringan internet up to 153kbps tergantung jaringan Fren.

Memory

Nah di memory ini saya merasa agak tertipu, para Costumer Service fren yang cantik cantik mengatakan kalau spek HP ini punya memory 256MB+64MB dan juga di spek diatas juga disebutkan seperti itu, tetapi kenyataanya memory HP ini cuma sekitar 10MB, saya sudah tanyakan ini ke Costumer Service di Galery Fren tapi belum juga dapat jawaban yang memuaskan, mereka terkesan menghindar. Sungguh sayang sekali saya sebagai pelanggan merasa dibohongi, pantas saja kalau ngenet pakai HP sering muncul pesan "insuficient memory" atau "message too long".

Battere

Untuk urusan yang satu ini sepertinya ZTE perlu belajar banyak atau mungkin HP ini termasuk yang coba coba, ZTE C300 yang CDMA only menggunakan batere yang 670mAH, Soner K800i yang GSM only menggunakan batere yang 950mAH, nah kok HP ZTE C981z yang jelas jelas dual ON menggunakan batere HANYA 900mAH, malem dicas dipake seharian sore harus dicas lagi, belum lagi kalu dipakai browsing bisa cuma 3 jam dah lowbat. Apalagi kalau tinggal di daerah yang sinyal Fren kurang kuat bisa lebih boros lagi baterenya.

13 komentar:

  1. bisa kah hp tsb diisikan games menarik??? n sbrp besar kapasitas memory mikro Sdnya? n apa benar beli hpnya tidak gratis mikro Sdnya???

    BalasHapus
  2. knapa hp tsb kalo brows di hpnya lamanya minta ampun.... hingga operamininya harus di tunggu selama 30 menit baru bisa di instal???

    BalasHapus
  3. Sayangnya saya beli hp ini tanpa liat dulu review-nya. Ditambah coverage fren yang pas-pasan di tempat tinggal saya, duh jeri rasanya. Sementara fungsi modemnya tidak disediakan utk GSM-nya saya serba terbatas dalam berkoneksi. Apa bisa diaktifkan koneksi internet via GSM tsb? Kalo bisa gmn caranya? empet banget...

    BalasHapus
  4. To Chieruri :
    Sayang sekali memang kalau beli HP ini memang tidak gratis MicroSD nya dan kalau punya anda bisa jalan opera mini nya itu dah bagus karena dari yang saya coba malah gak jalan sama sekali

    To Samwewen :
    Ya sebagus apapun HP kalau operator selulernya jaringannya kurang bagus tetep saja gak bakal dapet sinyal, btw tinggal dimana sih kok sinyal FREN jelek ? Kalau koneksi internet via GSM gak bisa diaktifkan, tapi mungkin saja bisa asal ada yang bisa reFlash firmware nya

    BalasHapus
  5. Baru 2 hari pake namun saya pergunakan memang hanya untuk telp dan terima sms ngga lebih, dan sejauh ini memuaskan serta untuk koneksi bluetooth lancar jaya koneksi di audio mobil sehingga bisa nyetir sambil nelpon

    BalasHapus
  6. Hp ku yang cd981z kok gak bisa konek internet dr pc

    BalasHapus
  7. To Janto, syukurlah gak ada masalah ya .. kalo baterenya gimana ? Kuat gak ?

    To Deni, dah coba download dial up tools yang aku share di postinganku yang lain ?

    BalasHapus
  8. kok hapenya gak mau koneksi ke internet yach..padahal klo liat setingan wap/gprnya dah oke,..ada yang bisa bantu neh kepanya??

    jpn

    BalasHapus
  9. tanpa banyak komen, saya KECEWA! fitur yg dipromosikan twitter, fb, msn, google, ym, wap, opera tdk berfungsi! batre cepat habis harga 800an + tukar hape bekas seharga 150.000 = 950.000an gak sebanding dg harganya.

    BalasHapus
  10. Mas Jaya, hape gak mau koneksi ke internet waktu di jadikan modem atau buka internet di hp nya yang gak bisa ? Kalau gak bisa konek internet waktu dijadikan modem nanti saya posting cara settingnya ya, nah kalau gak bisa buka internet di hp kan ada pilihan profil internet di hp itu, coba aja satu satu mana yang bisa ..

    BalasHapus
  11. Kalo menurut mas,.. apa beda fiturnya dgn GC990?

    BalasHapus
  12. halo,
    mau nanya kalo kirim email gmailnya pake opera mini ngak bisa juga?

    BalasHapus
  13. Game Angry bird bisa diinstall di HP ini, alamatnya http://forum.djawir.com/attachment.php?attachmentid=82256&d=1336254197 jangan lupa rubah RAR menjadi JAR sebelum diinstall

    http://www.kerjasyariah.com

    BalasHapus