Jumat, 06 Agustus 2010

Review HP Fren Starberry

Ada lagi promo gila dari Fren alias SmartFren, dalam promo ini fren berani menghargai hp gsm/cdma pelanggan seharga Rp.150.000 tapi tentu saja pelanggan harus membeli Hp fren untuk bisa menikmati promo ini. Promo yang mereka sebut sebagai trade in berlaku 27 Juli 2010 sampai 18 September 2010.















Tetapi tentu saja Hp bekas tersebut harus masih berfungsi ya, karena kalau tidak berfungsi lagi ya gak ada gunanya toh ..
Kok jadi bahas promo dari Fren ya .. hehe .. Ok "kembali ke laptop" jadi dalam program promo fren ini salah satu Hp yang ditawarkan adalah Hp Starberry atau yang modelnya mereka sebut sebagai Q9+ saya sudah browsing dan bolak balik ni Hp tapi saya tetap tidak menemukan merk sebetulnya dari Hp ini, aneh juga ya dan saat saya tanya ke costumer service nya Fren pun mereka tidak yakin dengan merk Hp ini.

Spesifikasi Umum
Tidak seperti dalam Promo HP Zte C981 yang lalu, pada promo HP starberry ini mereka jelas menuliskan kalau kapasitas memory hp ini satuannya dalam Megabit bukan Megabyte, tetapi setelah dikurangi dengan penggunaan memory oleh system jadi memory internal tersisa yang bisa kita manfaatkan adalah sekitar 5 MB bila masih dirasa kurang masih bisa kita tambah dengan memory eksternal dengan format MicroSD/T Flash tetapi saya belum dapat kepastian mengenai kapasitas maksimum memory eksternal yang support Hp ini saya baru mencoba dengan memory 1 GB yang terdeteksi dengan baik di HP ini tetapi untuk memory yang lebih besar lagi saya belum mencobanya. Dengan kapasitas Phone memory untuk sms 1000 sms dan kapasitas contact di phone memory untuk 500 contact rasanya sudah cukup memadai.

Tampilan Luar

Sebenarnya saya masih suka dengan HP ZTE C300 saya yang bandel, yang sudah jatuh puluhan kali, sudah pernah kehujanan, bahkan sudah tahan banting dengan berbagai kondisi dan luapan emosi saya sebagai pemiliknya. Tetapi saya harus ganti HP karena HP ZTE C300 saya meskipun masih bagus tapi sudah berumur lebih dari 3 tahun, dan kalaupun dijual tidak ada yang menghargainya dengan harga yang pantas menurut saya, jadi dengan harga beli Rp 299.000 dulu pada tahun 2007 dan kalau di hargai oleh Fren Rp.150.000 rasanya sudah lumayanlah. Jadi saya putuskan untuk meminang Hp Fren Starberry dengan mahar HP ZTE C300 saya plus uang Rp 558.000. Dengan uang segitu saya dapat satu perdana Fren Duo dan Pulsa 50 ribu.
Saya terima HP Starberry ini masih terbungkus rapi dalam kotak warna merah, agak deg-deg an waktu mau buka HP ini, kesannya seperti mau belah duren .. hehe

Penampilan luar sepertinya biasa saja, material plastiknya pun jauh dari kesan mahal, tidak ada warna chrom seperti pada HP ZTE C981z, yang ada malah plastik di cat silver, saya yakin kalau cat silver ini akan mudah sekali terkelupas. Warna hitam nya pun bukan hitam glossy, hitam biasa. Tapi saya harus akui kalau HP ini tetap enak dilihat, mungil dan terasa pas dalam genggaman, tidak seperti HPQwerty lainnya yang kesannya besar dan lebar buat digenggam.
































Keyboard QWERTY nya















Karena mungil dan berusaha menyematkan keyboard QWERTY kesannya keyboardnya jadi "Padat", tetapi saat digunakan keyboardnya terasa nyaman, tombolnya tidak keras. Pokoknya enak pake keyboard qwerty hp ini

Tampilan Layar















Kalau bicara layar memang resolusinya masih dibawah ZTE CD981z tapi masih nyaman di mata, warnanya jernih dengan brightness di 1 bar dari total 3 bar warnanya masih terang.
Hanya saja ada hal yang terasa agak sedikit aneh, coba perhatikan tampilan layarnya meskipun dapat sinyal dari jaringan Mobile-8 tetapi yang tertulis China Telecom. Aneh kan dan seperti biasa saat saya tanya ke costumer service fren mereka tetap saja tidak bisa memberi jawaban yang memuaskan.

Kamera
Kamera HP ini resolusi maksimal 1,3MP dengan fokus tetap dan sempat kaget juga karena ternyata HP ini punya tambahan flash light. Harus saya akui kalau dengan ukuran segitu kamera HP ini termasuk bagus, dengan kondisi kurang cahaya tanpa Flash pun masih menampilkan warna yang cukup jelas dibanding dengan kamera ZTE CD981z. Meskipun sebenarnya flash light di HP ini terkesan cuma asal ada saja karena tidak terlalu terang tapi lumayanlah daripada gak ada.

Batere
Kalau ditanya soal batere ini adalah HP CDMA dengan Batere terawet yang pernah saya pakai, saya pernah pakai Nexian yang dual on, ZTE CD981z, ZTE C300, ZTE C330, dan HP ini bisa bertahan hampir 4 hari dengan pemakaian normal. Benar-benar luar biasa. Mungkin juga karena HP ini menggunakan HP Nokia yang BL-5K barangkali ya.

Konektor














Konektor charger dan handsfree di HP ini berada di satu tempat, agak merugikan sih karena jadinya tidak bisa mendengarkan mp3 sambil meng charge hp ini atau mungkin karena memang batere hp ini tahan lama barangkali ya.
Konektornya pun sama dengan konektor charger Nokia.

Suara
Suara HP ini bikin kaget, kenceng banget mungkin juga karena hp ini menggunakan dua speaker di belakangnya yang juga berguna untuk speakerphone. Jadi saat digunakan dengan speakerphone suaranya jernih dan jelas, enak sekali nelpon dengan hp ini menggunakan speakerphone.
Cuma sayangnya untuk ringtone hanya satu ringtone yang bisa diganti-ganti, jadi kalaupun kita punya koleksi ringtone yang banyak tidak bisa dipakai semua karena fasilitas custom ringtone cuma bisa satu saja. Begitu juga ringtone sms nya.

Modem















Cara install hp ini sebagai modem pun tidak seperti modem biasa, kita harus manual installnya.
Pertama kita harus buka connection setting di HP kemudian pilih sebagai USB modem baru kemudian di koneksikan ke komputer, saat muncul new hardware wizard kita arahkan ke CD bawaan untuk mencari drivernya. Kemudian HP ini akan dikenali sebagai Modem Qualcomm HS-USB Modem 9004.
Setelah itu baru kita bikin new connection menggunakan HP ini sebagai dial-up devicenya.

Agak Ribet memang tapi saat saya cek speedtest menggunakan HP ini sebagai modem lihat hasilnya berikut. Luar biasa kan ..
















Kesimpulan :
Tampilan luar hp ini memang tidak glamor dan mewah tapi lebih menjurus ke sederhana, tapi dengan ketahanan batere yang luar biasa, hasil kamera yang juga tidak terlalu mengecewakan, suara yang jernih dan kencang, dan bisa dimanfaatkan sebagai modem rasanya saya mulai menyukai HP ini. Untuk saat ini HP ini jadi HP andalan saya untuk CDMA.

15 komentar:

  1. asli mantep, kemaren ane juga trade in, dan lumayanlah untuk harga segitu.....

    BalasHapus
  2. Hehe mantep kan .. tapi sayang opera mininya gak terlalu bagus sepertinya tidak kompatibel dengan HP ini

    BalasHapus
  3. katanya kalo pake opera bawaan (4) emang begitu tapi kalo pake yang opera 3 nggak masalah (dapet dari kaskus.us)

    BalasHapus
  4. Hmm memang katanya sih begitu tapi saya belum coba opera 3, mungkin nanti saya coba dulu dah share disini hasilnya

    BalasHapus
  5. hari ini saya beli, baru saja .. tapi tampilannya bukan china telecom, tapi mobile-8 keknya dah dibenerin sama fren he hehe

    BalasHapus
  6. Syukurlah kalo begitu .. kalo gitu aku mau coba minta benerin fren juga ah .. hehe

    BalasHapus
  7. Gan ... prekwency cdma nya bisa dipakai all operator cdma ga ??? tu hp dual card ga ?

    BalasHapus
  8. Waduh gan itu hape dilock untuk di pake smart/fren saja jadi gak bisa dipake oleh all operator dan cuma single card doang .. nanti kalo ane dah ketemu unlocker nya ane share disini deh .. :)

    BalasHapus
  9. hati-hati... punyaku belum ada 2 bulan sudah ngadat, mati-mati sendiri dan tidak bs on.
    payah nih

    BalasHapus
  10. hati-hati... punyaku sekitar 2 bulan kurang sudah ngadat, rusak, mati-mati sendiri, padahal tdk pernah jatuh, dll

    BalasHapus
  11. Mbak Imelda, kalau memang rusak dan mati sendiri kan ada garansi setahun, nah kalau punyaku sih malah gak mati sendiri tapi ada background suara hujan kalau nelpon dan ditelpon, yang ini susah claimnya mending mati sekalian jadi bisa claim garansi .. (Baca postinganku yang lain bugs di hp fren starberry)

    BalasHapus
  12. boleh juga nih, buat gantiin hp fren lg yang udah patah flipnya.

    BalasHapus
  13. Eh tapi dah ada lagi nih hape baru dari Fren .. namanya Enduro .. nanti aku review deh ..

    BalasHapus
  14. Aku sudah punya hape Smartfren Enduro, kelebihannya bisa untuk long SMS, tapi ironisnya untuk ngetik SMS lelet, satu detik baru keluar hurufnya, semula hape ini akan kujagokan untuk SMS an, tapi karena lelet jadi kecewa deh, tampilan menu menurutku bagus mengingatkan Moto Razr. Ada pertanyaan untuk hape Starberry apa sudah bisa untuk long SMS dan apakah juga tidak lelet?.

    BalasHapus
  15. kalo dibanding cd981z mending ini dong yah??? padahal mau beli yang zte cd981z soalnya aku pikir udah ada merk. dan mau tau ini fasilitas modem nya bisa compatible buat perangkat komputer macintosh apple gak yah??

    BalasHapus